Para
guru dan sahabat Dharma yang telah membantu kita, apakah mereka merasa telah
berjasa? Tidak ada. Mengapa demikian? Oleh karena dirimu sendirilah yang telah
menyingkirkan segala rintangan, sehingga jiwa sejatimu muncul ke permukaan,
tidak ada urusannya dengan guru dan sahabat Dharma, bagaimana mereka bisa
dikatakan berjasa!
Justru
mereka bersukacita melihat keberhasilanmu, kebajikan sejati-nya muncul ke
permukaan, demikian pula dengan dirimu; dia telah menghancurkan kesesatan dan
mencapai pencerahan, melihat dirimu juga ikut berhasil menghancurkan kesesatan
dan mencapai pencerahan, dia merasa bersukacita, kini menjadi sahabat melatih
diri.
Jadi
guru dan sahabat Dharma takkan merasa dirinya telah berjasa, sehingga perasaan
hormat mengalir keluar dengan sendirinya; sebaliknya orang yang selalu merasa
berjasa akan mempersoalkan berapa banyak kebajikan yang telah dilakukannya,
berapa orang yang telah diselamatkannya, sehingga tabiat pongah pun bangkit ke
permukaan.
Ketika
melihat orang lain melakukan lebih banyak kebajikan, melakukannya dengan lebih
bagus, maka perasaan siriknya segera bangkit, kalau dengan cara begini dia
belajarnya, maka akibatnya adalah mengarah pada jalan yang menyimpang, bukan
lagi menuju pada Jalan pencapaian KeBuddhaan, tetapi menuju jalan kemerosotan.
Dia
sendiri tidak menyadarinya, dia hanya melihat jalan di depan matanya, tidak
memandang di kejauhan, tidak memikirkan akibat yang akan diterimanya kelak,
yakni masa kehidupan mendatang, inilah yang disebut sebagai kedunguan, tidak
punya kebijaksanaan.
Insan
yang memiliki kebijaksanaan akan memandang pada masa lampau sekaligus juga
memandang pada masa mendatang. Ketika seseorang yang bijaksana membaca buku
sejarah, dia dapat memetik pengalaman dari kejadian tempo dulu. Ketika dia
melihat peristiwa yang terjadi saat sekarang ini, dia sudah dapat memprediksi
bagaimana kelanjutan atau akibatnya.
Pengalaman
kita sepanjang hidup ini, belumlah mencukupi, selama beberapa dasawarsa, apa
yang kita lihat dan kita dengar, tidak dapat membantu kita memecahkan masalah
saat ini, maka itu kita perlu memetik pengalaman para leluhur dan kebijaksanaan
mereka dalam memecahkan berbagai permasalahan, semua ini tercantum di dalam
buku sejarah.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
所以這些老師、這些善友幫助我們,他有沒有覺得他有功勞?沒有。為什麼?因為障礙是你自己放下的,你自己性德自然透出來的,與他毫不相干,他怎麼能居功!他看到歡喜,他的性德流露出來了,你也流露出來了;他破迷開悟,看到你也破迷開悟了,歡喜,志同道合。
不居功,恭敬就透出來;居功,我做了多少好事,我度了多少人,傲慢就起來了。看到別人做得比我多、做得比我好的,嫉妒心就生起來,這樣的學習,他的果報是走向反方向,不是走成佛之道,他走向墮落之道。他自己不知道,只看到眼前,沒有看到以後,也就是說來生後世他沒看到,這就是佛法講愚痴,沒智慧。有智慧人有前後眼,智慧的人能看到過去、能看到未來。我們智慧沒開怎麼辦?讀歷史,看過去,吸取過去的那些經驗。眼前的現象看到了,可以能夠判斷預測未來,這樣的人也算不錯。我們這一生的經驗不夠用,幾十年當中所見所聞不能幫助我們解決現前問題,所以我們要借重老祖宗的經驗、老祖宗的智慧那就是讀書。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292
Pengalaman
kita sepanjang hidup ini, belumlah mencukupi, selama beberapa dasawarsa, apa
yang kita lihat dan kita dengar, tidak dapat membantu kita memecahkan masalah
saat ini, maka itu kita perlu memetik pengalaman para leluhur dan kebijaksanaan
mereka dalam memecahkan berbagai permasalahan, semua ini tercantum di dalam
buku sejarah.
Buku-buku
Tiongkok kuno memberikan kontribusi yang sangat besar kepada dunia ini. Cara
yang digunakan masyarakat Tiongkok zaman dulu sungguh menakjubkan, cara ini
adalah memisahkan bahasa lisan dan tulisan. Tulisan yang digunakan adalah
Bahasa Mandarin Klasik (Wen Yan Wen). Bahasa Mandarin Klasik takkan mengalami
perubahan dimakan waktu, juga tidak sulit dipelajari.
Setelah
berhasil menguasai Bahasa Mandarin Klasik, maka buku-buku perjalanan sejarah
Tiongkok selama 4500 tahun, dimana di dalamnya tercantum kebijaksanaan,
pemikiran, cara, pengalaman dan pencapaian dari para leluhur, inilah materi
yang berlimpah guna menyelesaikan beragam permasalahan dalam kehidupan
keseharian, anda tidak boleh tidak membacanya.
Terutama
buku berjudul “Qunshu Zhiyao”, yang
membantumu memecahkan berbagai permasalahan hidup, buku ini berisikan kutipan
dari berbagai sumber buku sejarah.
Jadi
anda tidak perlu membaca semua buku sejarah, namun esensi dari beragam buku
sejarah telah tercantum dalam satu buku. Di dalam satu buku ini, apa yang anda
perlukan sudah ada di dalamnya, sungguh praktis dan sungguh berharga.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
我們這一生的經驗不夠用,幾十年當中所見所聞不能幫助我們解決現前問題,所以我們要借重老祖宗的經驗、老祖宗的智慧那就是讀書。
中國的典籍對這個世界貢獻非常之大,這什麼道理?中國用的方法太巧妙,這個方法就是語、文分開。傳遞給後人信息的用文言文,文言文是永恆不變,又不難學。你學會文言文,中國古籍記載的四千五百年,這些典籍裡面所記載的智慧、理念、方法、經驗、效果,是你在人生解決問題上最豐富的資料,你不能不讀。尤其像《群書治要》這一類的,把你解決問題迫切需要的這些資料,從這些古籍裡一條一條抄出來,聚集在一起。你不必用很多時間去看書,在這一本書裡頭,你所需要的全部都在裡面,多方便,多有價值。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292
“Apa
yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni disebut sebagai Dharma Ratna”. Apa yang
kita baca hari ini, apa yang kita lihat, merupakan ajaran yang disampaikan oleh
Buddha Sakyamuni selama 49 tahun.
Kemudian
oleh para siswaNya, ajaran Sang Buddha dituangkan ke dalam bentuk tulisan, lalu
disusun menjadi buku untuk diwariskan dari generasi ke generasi, di Tiongkok
dikenal dengan sebutan “Tripitaka”.
Di
dalam Tripitaka (versi Mahayana Tiongkok) bukan saja tercantum seluruh sutra
yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, juga termasuk di dalamnya pengalaman
belajar para Guru Sesepuh dan praktisi senior Tiongkok selama dua ribu tahun
lamanya, juga ada penjelasan sutra dan sastra di dalamnya, semua ini juga
merupakan Dharma Ratna (mustika Dharma).
Sejak
dua ribu tahun silam, Ajaran Buddha tersebar sampai ke Negeri Tirai Bambu, sejarah
mencatat kaisar Tiongkok mengirim utusan resmi ke India untuk mengundang Bhiksu
India membawa Ajaran Buddha masuk ke Tiongkok, yakni pada tahun 67 Masehi.
Selama
kurun waktu hampir dua ribu tahun ini, praktisi Tiongkok yang melatih diri
menuruti Ajaran Buddha, yang telah mencapai keberhasilan itu jumlahnya sangat
banyak, mereka ini merupakan orang yang berjodoh dengan Buddha Dharma.
Apa
maksudnya orang yang berjodoh? Yakni ketika mendengar Ajaran Buddha, dia
langsung menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran. Setelah bersua
dengan Buddha Dharma, lalu menggenggam erat kesempatan ini, takkan
melonggarkannya sama sekali, menerima, meyakini dan mengamalkannya sesuai
dengan ajaran, akhirnya meraih keberhasilan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Februari 2011
「佛陀所說之教法,法寶也」。我們今天所讀到的、所看到的,釋迦牟尼佛他老人家當年在世,教學四十九年所留下來的,這些教法用文字記錄下來,編成書本留給後世,在中國稱為《大藏經》。這裡面的內容,不但包括釋迦牟尼佛所說的一切經,還包括這兩千年來在中國祖師大德學習的心得報告,有經論的註解,有與我們分享的論文,這都是法寶。佛教傳到中國兩千年了,歷史上記載的,正式是國家派特使到西域去迎請,皇帝派特使請他們到中國來的,東漢永平十年,公元六十七年。到現在我們算是西元,也就是公元六十七年到二0六七年滿兩千年。這兩千年來,中國人依照佛法修學的,成就的人很多,我們在講席當中跟同學們分享,我們估計沒有精確數字來統計,估計明心見性,見性成佛,宗門、教下合起來,我們有理由相信超過三千人以上。這是寶!這些人是有緣人,所謂有緣人,遇到佛法了,抓住這個機會,鍥而不捨,依教奉行都成就了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九二集) 2011/2/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0292