Sabtu, 28 Desember 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011 (Bgn 2)


Tempo dulu Profesor Fang Dong-mei mengatakan padaku, “Belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”, kenikmatan hidup tertinggi bukanlah karena memiliki kedudukan tinggi, juga bukan karena memiliki kekayaan, bukan begitu.

Kenikmatan hidup tertinggi maksudnya adalah tiap hari bergembira, tiap hari berbahagia, tidak punya kedudukan, tidak punya uang, hidup bersahaja namun tetap ceria, juga tetap bersukacita, inilah yang disebut sebagai kenikmatan hidup tertinggi.

Terhadap diri sendiri, terhadap lingkungan, terhadap kebenaran, sebab akibat juga jelas dan dimengerti, bagaimana tidak bahagia?

Hari ini anda memperoleh pahala, memperoleh kedudukan yang tinggi, dapat mengetahui dengan jelas apa benih sebabnya, anda menanam benih sebab apa sehingga memperoleh kekayaan.

Setelah mendapatkannya, pada satu masa kehidupan ini, apa yang anda lakukan merupakan benih sebab buat masa kehidupan mendatang, saya melihat perbuatan anda sekarang ini, saya melihat benih sebab apa yang anda tanamkan sekarang, saya tahu balasan apa yang akan anda terima pada masa kelahiran mendatang. Jelas dan dimengerti, sama sekali tidak bingung, inilah yang disebut tercerahkan.

Orang awam sesat dan tidak tercerahkan, sedangkan praktisi yang belajar Ajaran Buddha adalah tercerahkan dan tidak sesat, tercerahkan dan tidak sesat barulah merupakan kenikmatan hidup tertinggi.

Sebaliknya kalau sesat dan tidak tercerahkan, meskipun hartanya berlimpah, memperoleh kedudukan tinggi, namun batinnya sungguh tersiksa, hidupnya tidak merasa bebas.

Manusia mengatakan bahwa hidup di dunia ini, dari 10 hal ada 9 yang tidak sesuai dengan keinginan, bayangkan alangkah tersiksanya hidup ini, kondisi begini sungguh memprihatinkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011


方東美先生早年告訴我,「學佛是人生最高的享受」,最高的享受不是地位高,不是擁有財富,不是的;最高的享受是天天快樂、天天幸福,沒有地位、沒有錢、沒飯吃也快樂、也幸福,這叫人生最高的享受。對自己、對環境,這些性相、理事、因果清清楚楚、明明白白,怎麼不快樂?你今天得了福報,得了很高的地位,我知道那是什麼因,你是什麼因得到的。得到之後,你這一生的造作又是來生的因,我看到你的造作,看到你造因,我知道你來生是什麼果報。清清楚楚、明明白白,一點都不迷惑,這就叫覺悟。凡夫迷而不覺,學佛就覺而不迷,覺而不迷才是人生最高的享受。迷而不覺,縱然得財富、得地位,他精神上很痛苦,他生活得不自在。世人所謂人生在世不如意事十之八九,十分之八九不如意,你說你活得多辛苦,你活得多冤枉。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323




 

Hati khayal adalah munafik penuh kepura-puraan. Dia tidak tahu diri sendiri memiliki hati sejati, hati sejatinya telah tersesat, maka itu dia menggunakan hati khayal atau hati palsu, hati palsu adalah Alayavijnana.

Alayavijnana (kesadaran ke-8), Manas-vijnana (kesadaran ke-7), pikiran (kesadaran ke-6), umumnya dijuluki sebagai tiga hati. “Tiga hati dua pikiran” (ungkapan buat orang yang tidak konsisten atau suka plin-plan), dua pikiran yang dimaksud adalah kesadaran ke-6 (pikiran) dan kesadaran ke-7(akar pikiran).

“Tiga hati dua pikiran” adalah sebuah ungkapan, orang begini tidak bisa diandalkan, pendiriannya berubah-ubah, tidak tegas, anda jangan percaya sama orang begini.

Terus terang saja, bahkan dia sendiri juga tidak percaya pada dirinya sendiri. Apa yang dia sampaikan hari ini padamu, esoknya berubah lagi. Diri sendiri saja tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana bisa menyuruh orang lain percaya padamu? Bagaimana anda sanggup percaya pada orang lain?

Lantas siapakah yang dapat kita percaya? Hanya bisa percaya pada Buddha dan Bodhisattva, mengapa demikian? Dia takkan berubah, Dia menggunakan hati sejati. Sutra ajaran Buddha dan Bodhisattva adalah mengalir keluar dari jiwa sejati, jadi boleh diyakini, bahkan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Sedangkan artikel yang ditulis oleh orang duniawi, yang dikatakan mereka, cukup dengarkan saja, janganlah ditanggapi dengan serius, kalau menanggapinya dengan serius, maka anda akan rugi, anda pun masuk perangkapnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011

妄心就是虛情假意。他不知道他有真心,真心迷了,全用妄心,妄心就是阿賴耶。阿賴耶、末那、意識,通常講的三心,三心二意,十法界全用的是三心二意,二意就是末那跟意識,末那叫意根,第六識叫意識。三心二意是佛教的名詞,這不是真的,是假的,所以它靠不住,變化太大,你可別相信它。說老實話,他自己都不能相信自己,今天給你講的明天就變卦。自己對自己都不相信,怎麼能叫別人相信你?你又怎麼能相信別人?我們相信誰?相信佛菩薩,為什麼?他不會變,他用真心。佛菩薩的經教是從真心裡面流露出來的,可以相信,可信度高。世間人所寫出來的東西、所說的東西,聽聽就好,別當真,當真你就得吃虧、你就得上當。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323

 

 

Setelah belajar Ajaran Buddha, kita jadi paham, orang lain datang menipuku, kita ikhlas ditipu, bukankah ini namanya orang tolol? Bukan. Mengapa bukan orang tolol?

Anda sudah ditipu, tapi anda ikhlas, anda menjalin jodoh baik dengannya, perlahan-lahan menggunakan etika moral diri sendiri guna mempengaruhinya, suatu hari dia akan sadar dan kembali ke jalan yang benar.

Sepanjang hayatnya dia hobi menipu, setiap orang yang ditipunya pasti balas menipunya kembali, cuma satu-satunya orang tolol ini yang sudah kukelabui, tapi tidak membalasku. Bukan hanya tidak balas dendam, dia malah tetap bersikap baik padaku, hati nuraninya mulai bangkit.

Ini adalah kebijaksanaan, jadi bukan bego. Tetapi insan bijak kadang kala tampaknya kayak orang bego, serupa dengan kata pepatah “Insan bijak tampak bodoh”, anda butuh waktu yang sangat panjang barulah menyadari ternyata dia memiliki kebijaksanaan, dalam waktu singkat anda takkan sanggup menemukan sosok aslinya.

Orang lain menindas dirimu, mengelabui dirimu, mencelakai dirimu, anda masih bilang dia orang baik, dia sesungguhnya adalah orang baik. Mengapa dia melakukan perbuatan jahat? Oleh karena sesat sesaat, anda harus memaafkan dirinya, oleh karena sifat dasarnya adalah baik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Maret 2011
 

我們學了佛明白了,別人來騙我們,我們還讓他騙,那你不是很傻嗎?不傻。為什麼不傻?你上人家當,被人家欺騙了,我跟他結個善緣,慢慢用自己的德行去感化他,總有一天他覺悟回頭。騙人騙多了,一生騙多少人,人家都報復他,唯獨騙了這個人,這個人不報復,這個人對我還是挺好的,他會良心發現,這個人可靠。這是智慧,這不是傻瓜。但是智慧的人有時候很像傻瓜,你看諺語所謂是「大智若愚」,你要很長的時間才發現他有真智慧,當時你看不出來。人欺負你、欺騙你、陷害你,你還說他是好人,他真是好人。他為什麼會做這種壞事?一時糊塗,你要能原諒他,因為他本性本善。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二三集)  2011/3/14  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0323