Kalimat
selanjutnya adalah “Menyempurnakan berkah dan kebijaksanaan, dengan berkah dan
kebijaksanaan ini untuk memwibawakan diri”.
Karma
itu dapat diciptakan melalui pikiran, ucapan dan tindakan; terutama melalui
ucapan, kita begitu gampang menciptakan karma buruk, bahkan yang paling banyak
melakukan pelanggaran.
Maka
itu Konfusius dalam mengajar, ada empat materi yang disampaikan beliau yakni
yang pertama adalah etika moral, yang kedua adalah ucapan. Dapat dilihat bahwa
Konfusius sangat memandang berat pada ucapan.
Insan
zaman dulu memiliki sebuah peribahasa yakni “Penyakit berasal dari makanan yang
masuk ke dalam mulut”, beragam penyakit berasal dari makanan dan minuman yang
dikonsumsi. “Petaka berasal dari ucapan yang keluar dari mulut”, kita berbicara
secara tidak hati-hati sehingga menyinggung perasaan orang lain, diri sendiri
tidak sengaja dan tidak punya niat, tetapi pendengar malah menanggapi dengan
serius, dia menyimpan kebencian ini dalam hatinya, menunggu kesempatan untuk
balas dendam. Ini merupakan hal yang sangat menyakitkan.
Sejak
zaman dulu hingga sekarang, kasus begini juga ada, dalam catatan perjalanan
sejarah, paling banyak diungkapkan, maka itu hendaknya bermawas diri melontarkan
ucapan.
Kita
melihat insan yang memiliki etika moral, yang terdidik, yang berprestasi, ucapan
mereka sangat sedikit, hatinya suci dan jernih, ini merupakan keterampilan
dalam membina tata susila.
Insan
zaman dulu juga berkata, “Banyak bicara pasti bisa melakukan kesalahan”. Banyak
bicara pasti membawa masalah, contohnya mengucapkan kata-kata yang tidak pada
waktu dan tempatnya, yang tidak pantas diungkapkan keluar, sehingga mengundang
petaka.
Materi
ketiga yang disampaikan Konfusius adalah kemampuan untuk mencari nafkah. Materi
keempat adalah Bahasa dan Kesenian. Jadi setelah anda memiliki kemampuan untuk
mencari nafkah, barulah bisa membahas tentang bahasa dan seni, yakni kehidupan batiniah.
Empat
materi ini merupakan pelajaran yang wajib dipelajari oleh setiap insani.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Februari 2011
這一段是利行,首先講「軌範具足」,經文只有兩句,意思很深。「莊嚴眾行者」,註解裡面,「《淨影疏》曰:彰行成就」,這個彰就是表現,表彰。「莊嚴者,福智二嚴」。我們先說這一句,行是行為,起心動念是意業的行為,就是我們念頭在造業,念頭造業是起心動念,言語是口業的行為,言語也是在造業,而且造業最多的、最容易的是言語。所以孔夫子教學,他的四科,第一個是德行,第二個就是言語,可見得夫子把言語看得非常重。古人有一句話說「病從口入」,許多的病毒都從飲食裡面招來的;「禍從口出」,我們說話不小心得罪人,自己是無心,可是聽者有意,他懷恨在心,等待機緣來報復,這是很慘痛的事情。古今中外都有,歷史上記載得很多,所以語言不能不謹慎,不能不小心。我們看有德行、有學問、有大成就的人,他們言語少,心地清淨,這是涵養的功夫。古人說一句話說,「言多必失」。言語多就是過失,過失裡面有許多不當的言論,不應該表達的,招惹禍害。夫子第四個,這前面兩種都屬於德行,第三個是政事,政事用現在的話說,謀生的技術,我將來要靠這種事業來生活,這叫政事,最後一個叫文學,藝術。你有德行,你物質生活能過得去,這才可以談到文藝、精神的生活。很簡單這四科,這四科是人生必須要學習的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九四集) 2011/02/21 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0294
Hal yang
tidak membawa manfaat bagi orang banyak, hanya menguntungkan diri sendiri, akan
mengundang petaka. Berkah dan petaka harus dibedakan dengan jelas, hal yang
hanya menguntungkan diri sendiri tetapi tidak bermanfaat bagi orang banyak,
akan mendatangkan musibah.
Orang
yang menciptakan banyak karma buruk, tampaknya pahalanya sekarang masih sangat
besar, masih bisa menikmati kesenangan, di dalam “Risalah Balasan dan Ganjaran
Setimpal” disebutkan bahwa pelaku kejahatan masih bisa hidup senang dikarenakan
pada masa kehidupan lampaunya menimbun pahala besar, sehingga pahala besar ini
melindungi dirinya, meskipun melakukan banyak kejahatan, tetapi karma-nya ini
belum masak, pahalanya masih belum habis dinikmati, menanti hingga pahalanya
habis dinikmati, maka benih karma jeleknya segera berbuah.
Kita
membaca buku sejarah, di dalamnya banyak tercatat kasus begini, jadi hal ini tidaklah
semu. Cobalah amati dengan seksama masyarakat sekarang ini, kita melihat ada
orang yang baru melakukan kejahatan langsung tertangkap dan dihukum, mengapa
demikian? Oleh karena pada masa kehidupan lampau tidak menimbun pahala, sehingga
tidak ada berkah kebajikan yang melindunginya, makanya benih karma jeleknya
segera berbuah.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Februari 2011
於眾生沒有利益的,於自己有利益的,那不是福,那是禍。禍福要分清楚,自利而不利他,會帶來災禍。
造作許許多多的不善,看起來現在福報還很大,還挺享受的,《太上感應篇》裡面講得很好,這個現象是什麼原因?過去生中所修的大福報,這些大福報在營護,經營護持他,雖造惡業,它還不成熟,他那個福報還沒享盡,等到他的福報享盡,這不善的果報都現前了。我們讀歷史,這些事情記載得很多,這不是假的。細心觀察現實的社會,我們看到有很多造作罪業立刻就受報,那是什麼?過去生中沒有福報,自己過去沒有修福德來保護他,所以他很快果報就現前。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九四集) 2011/02/21 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0294
Apabila
pada masa kehidupan lampau menimbun pahala yang sangat besar, maka pahala besar
ini melindungi dirinya, saat sekarang ini meskipun melakukan kejahatan,
balasannya belum tampak. Inilah yang disebut “Bukan tidak ada balasannya, cuma
waktunya belum tiba”, ketika waktunya tiba, pasti ada balasannya, dia takkan
lolos dari akibat perbuatannya.
Hal ini
tidak boleh tidak dipahami. Semoga praktisi sekalian dapat membangkitkan
keyakinan tanpa keraguan, sehingga setiap niat pikiran, ucapan dan tindakan,
senantiasa bermawas diri.
Begitu
niat pikiran timbul, segeralah terpikir berkah dan petaka, ketika kita
melakukan sesuatu hal, pikirkanlah, apakah tindakanku terjalin dengan perasaan
emosional atau terjalin dengan akal sehat? Akal sehat adalah kebijaksanaan.
Pola
pikirmu adalah akal sehat atau perasaan emosional, apabila niat pikiran, ucapan
dan tindakanmu adalah perasaan emosional, maka akan mengundang petaka;
sedangkan akal sehat takkan membawa musibah.
Dalam
menjalani kehidupan keseharian, senantiasa teringat, senantiasa melatih agar
diri sendiri selalu berpikir, berkata dan bertindak dengan akal sehat, takkan
menggunakan perasaan emosional, hal ini sangatlah penting.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 21 Februari 2011
如果過去修了很大的福報,那個福報就是護佑他,現在雖造惡業,這個惡報不會現前。那就是所謂時辰未到,時辰一到,一切總報,決定逃不過的。這樁事情我們不能不知道。希望同學要真信不疑,得深信,真正深信這樁事情,我們起心動念、言語造作就會很謹慎。念頭才動,我們就想到福慧,自己做這樁事情,是跟自己的情識結合,還是跟智慧結合?智慧就是理智。你的思想是理智的還是感情的,你言語造作要是感情的就會有禍害,理智就不會。在日常生活當中,常常提起,常常來訓練,訓練自己要理智,不要感情用事,這個重要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二九四集) 2011/02/21 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0294