“Para
insan berkebajikan tertinggi, memasuki samyaktva-niyatarasi (tidak mundur lagi
dari pencapaian KeBuddhaan)”, kalimat ini mesti diperhatikan, bukanlah berarti
setiap orang sedang duduk bersamadhi di bawah pohon, bukan begini maksudnya.
Samadhi
benar maksudnya adalah baik saat berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring
dilakukan dengan penuh konsentrasi. Jadi samadhi yang dibahas di sini bukanlah
sikap tubuh, namun merupakan hati dan pikiran.
Penduduk
Alam Sukhavati yang berada pada tingkatan tanah suci terendah yakni “Tanah Suci
Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”, meskipun kekotoran batin dan tabiatnya
masih belum dilenyapkan, tetapi dia memperoleh pemberkatan 48 tekad Buddha
Amitabha, seperti yang disebutkan di dalam tekad ke-20 sebagai asalkan terlahir
ke Alam Sukhavati, maka semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika.
Siapakah
Bodhisattva Avaivartika? Bodhisattva yang mendiami Tanah Suci tingkatan ketiga
di Alam Sukhavati. Dengan perkataan lain, praktisi yang terlahir di tanah suci
tingkatan terendah dapat menikmati keistimewaan Bodhisattva yang mendiami Tanah
Suci tingkatan ketiga di Alam Sukhavati.
Keistimewaan
apa yang dimaksud? Kebijaksanaan, kekuatan batin, kemampuan gaib dan mukjizat,
antara tanah suci tingkatan terendah dengan tingkatan ketiga adalah sama.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Maret 2011
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam
Sukhavati :
「諸上善人,入正定聚」,這一句要注意,不是每個人都在樹底下打坐,不是的,不是這個意思。正定是自性本定,行住坐臥都在定中。所以,這個定不是講身,是講心。實報土裡面的菩薩,妄想分別執著全都放下了,這叫正定,這是自性本定。起心動念都沒有了,哪來的分別執著?同居土裡面,煩惱習氣沒斷,雖然沒有斷,他得阿彌陀佛四十八願的加持,第二十願最後一句說,只要是生到西方極樂世界,皆作阿惟越致菩薩。阿惟越致是什麼菩薩?實報土的菩薩;也就是說,凡聖同居土裡面的居民,都享受到實報土菩薩的待遇。哪些待遇?智慧、道力、神通、感應,同居跟實報沒有差別。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315
Kalimat
sutra yang selanjutnya adalah “Berkebajikan tertinggi”, para insan berkebajikan
tertinggi. Anda harus mengingatnya, andaikata kita tidak menjauhi kejahatan dan
memupuk kebajikan, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati?
Bagaimana
cara melatih kebajikan tertinggi? Ada sebuah cara yang sangat menakjubkan guna
melatih kebajikan tertinggi, yakni dengan melafal Amituofo.
Asalkan
melafal Amituofo hingga sudah jadi kebiasaan, maka kapan saja dan di mana saja,
dalam segala suasana baik suka maupun duka, di dalam hati hanya ada sepatah
Amituofo, selain sepatah Amituofo ini takkan ada lagi hal lainnya.
Memandang
tiap orang adalah Buddha Amitabha, melihat segala benda adalah Buddha Amitabha.
Memang begitulah kalau melafal Amituofo telah berhasil menjadi kebiasaan yang
melekat pada diri kita.
Buddha
Amitabha ada di mana? Ada di sekelilingku, tidak ada satupun yang bukan
merupakan Buddha Amitabha. Keterampilan begini disebut sebagai “Keterampilan
Menyatu”, melafal Amituofo hingga keterampilan telah menyatu dengan diri
sendiri (menjadi kebiasaan).
Kekotoran
batin tidak lenyap, tetapi keterampilan melafal Amituofo dapat meredam dan
mengendalikannya, dengan begini dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Tetapi
kekotoran batin masih ada, lantas bagaimana? Tidak bisa kambuh, tidak bisa
efektif, yang kambuh dan efektif itu cuma sepatah Amituofo. Di dalam hati cuma
ada sepatah Amituofo, di mulut juga cuma ada sepatah Amituofo, memperlakukan
setiap insan, urusan, makhluk hidup dan benda mati dengan penuh rasa hormat,
adalah menghormati Buddha Amitabha, orang begini barulah disebut sebagai
Praktisi Pelafal Amituofo Sejati. Dengan hati yang suci dan setara
memperlakukan segala-galanya.
Jika
kita ingin dalam satu masa kehidupan ini juga bisa berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati, maka harus serius melafal Amituofo, beginilah cara untuk melatih
kebajikan tertinggi. Apa alasannya?
Sepatah
Amituofo ini telah mencakup 48 butir tekad Buddha Amitabha di dalamnya, kalau
melafal Amituofo sudah jadi kebiasaan, maka bayangan 48 tekad agung, takkan
terpisahkan lagi dari kehidupan keseharian, ucapan dan tindakan dengan
sendirinya dapat terjalin dengan 48 tekad agung.
Maka
itu “Selamanya jauh dari segala penderitaan, hanya merasakan kebahagiaan Dharma
Mahayana”. Beginilah keadaan di Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci.
Sedangkan
tempat kediaman orang awam dan insan suci di dunia fana ini, merupakan tanah
keruh yang telah mengalami pencemaran yang parah.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Maret 2011
這句經文不可思議,這句經文上有兩個字,「上善」,諸上善人。你要記住,我們要不斷惡修善,怎麼能往生?上善怎麼個修法,有一個非常妙的方法,就是念阿彌陀佛。
只要這句阿彌陀佛念熟了,一切時、一切處、一切境緣當中,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有。看到人,人人都是阿彌陀佛,看到物,樣樣東西都是阿彌陀佛。確實,念熟了就是這樣的。阿彌陀佛在哪裡?在我的周邊,沒有一樣不是阿彌陀佛。這個功夫就叫成片,念佛功夫成片了。煩惱沒斷,功夫成片了,功夫把煩惱控制住,這就能往生。煩惱有怎麼樣?它不會發作,它不起作用,起作用的就是這一句阿彌陀佛。心裡有阿彌陀佛,口裡有阿彌陀佛,身對一切人事物恭敬,是恭敬阿彌陀佛,這個人是真正念佛人,清淨心、平等心對待一切。我們真想在這一生當中往生極樂世界,就得認真修學,這是上善的修學法。為什麼?這一句名號,四十八願願願都在其中,真念熟了,四十八願的影子不離日常生活,言行舉止自然跟四十八願相應。所以「永離眾苦,唯受大乘法樂」。這是極樂世界的同居淨土。我們這個世界是同居穢土,嚴重的染污。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315
Orang Tiongkok bilang
kemampuan supernatural, anda mampu melihat apa yang tidak dapat dilihat orang lain, anda juga mampu mendengar
suara yang tidak dapat didengar orang lain, ini merupakan jalinan jodoh yang
khusus.
Tetapi harus anda ketahui
bahwa anda masih belum melepaskan niat yang mengutamakan kepentingan dan
keuntungan pribadi, anda masih merupakan orang awam.
Kemampuan-mu ini bukanlah
milikmu, arwah lain sedang mempergunakan tubuh kasarmu, barulah kemampuan
supernatural jadi efektif.
Kondisi dalam masyarakat
sekarang ini sangatlah rumit, banyak orang yang mengaku memiliki kemampuan
supernatural, apakah boleh dipercaya? Tidak boleh, harus percaya pada diri
sendiri.
Kalau percaya sama orang
lain, ini namanya sekte luar, mengejar kebenaran di luar hati sendiri;
hendaknya percaya pada diri sendiri, segala sesuatu tercipta dari hati dan
pikiran sendiri.
Yang paling banyak
dijumpai adalah medium roh atau orang yang kerasukan, fenomena begini sudah
begitu umum. Lantas bagaimana kalau kita bertemu dengan orang begini?
Kita tetap bersikap
hormat, tetapi kita takkan memujinya, bila yang dia ucapkan adalah sesuai
dengan apa yang tercantum di dalam sutra Buddha, maka boleh memujinya;
sebaliknya apabila yang dia katakan bertentangan dengan ajaran sutra Buddha, maka
harus mengkritik dan memberitahukan padanya kalau dia sudah keliru, menunjukkan
mana yang betul padanya.
Mengapa demikian? Dia juga
adalah orang awam. Oleh karena dia tidak memiliki tubuh kasar, ruang gerak dan
energinya melampaui manusia, sedangkan kita dibelenggu oleh tubuh fisik.
Dia tidak dibelenggu oleh
tubuh fisik, makanya banyak kejadian dapat diketahuinya, sedangkan kita tidak
tahu.
Meskipun demikian, anda
harus mengingat baik-baik, segala sesuatu yang berwujud merupakan khayalan
semu, tak peduli itu merupakan pesan untuk benda materi, pesan untuk lingkungan,
pesan untuk orang hidup, ingatlah untuk senantiasa menjaga kesucian hati. Kesucian
hati barulah merupakan yang nyata adanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Maret 2011
中國人講的特異功能,你能看見一般人見不到的,你能聽見一般人聽不到的音聲,這是個特殊緣分。你要曉得,你的身見沒破,你自私自利沒放下,你是凡夫。你這個能力不是自己的,別人借你的身體在起作用。現前這個社會很複雜,很多,能不能相信這些?不可以,要相信自己。相信別人,這叫外道,心外求道;要相信自己,一切唯心造。最明顯、最多的就是附體,附體的現象太普遍了。我們遇到附體現象,用什麼心態對他?禮敬諸佛當然是應當的,稱讚如來,他說的是善的,說的是跟佛經上相應的,讚歎他;說的跟佛經上不相應的,要批評他,告訴他,他說錯了,糾正他。為什麼?他也是凡夫。因為他沒有肉身,他的活動能量比我們大,我們受身體拘束,他沒有這個拘束,所以很多消息他靈通,我們不知道,他知道。任何信息,你要記住,凡所有相皆是虛妄,無論是物質上的信息、依報的信息、正報的信息、自然界的信息,凡所有相皆是虛妄,自性清淨心裡頭一塵不染,你永遠記住這個,這是真的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三一五集) 2011/3/4 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0315