Buddha
Sakyamuni berharap semua makhluk dapat segera mencapai KeBuddhaan, sehingga
terbebas dari Dharmadhatu, ini adalah tekad hati Buddha. Sama halnya pula
dengan Buddha Amitabha dan seluruh Buddha Tathagata, berharap agar semua
makhluk segera mencapai KeBuddhaan, kalimat ini sangat penting, Buddha berharap
agar semua makhluk segera mencapai KeBuddhaan.
Kita
mempelajari Sutra Usia Tanpa Batas, sutra ini dibabarkan oleh Tathagata,
meskipun kita masih belum sanggup menyelaminya secara keseluruhan, namun
minimal juga harus tercerahkan.
Nasehat
Buddha Sakyamuni seperti yang tercantum di dalam sutra, setelah kita
memahaminya, selanjutnya kita harus mengamalkannya dengan bersungguh-sungguh,
bagaimana caranya?
Melepaskan
segala kemelekatan, membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo
berkesinambungan, inilah yang disebut sebagai mengamalkannya dengan serius.
Sepanjang
hayatku, cuma ini yang harus saya lakukan, saya datang ke dunia ini memang buat
misi yang satu ini, “Melafal Amituofo”.
Selain
misi yang satu ini, urusan lainnya (yang tidak penting~penerjemah) bukanlah hal
yang pantas saya lakukan, sepatah Amituofo dapat menuntaskan segala
permasalahan-ku sejak kalpa tanpa awal.
Segala
problema yang selama kelahiran demi kelahiran tidak bisa dituntaskan, kini
dengan sepatah Amituofo, usai sudah.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 Februari 2011
佛希望一切眾生早一天成佛,你就永遠脫離十法界,這是佛的心。前面我們讀過,阿彌陀佛如是,一切諸佛如來無不如是,懇切的期望著一切皆成佛,這句話重要,佛希望我們早一天成佛。我們在一起學這部經,這部經是如來的開示,我們縱然不能夠證得,至少也要悟。佛的這些話我們聽懂、聽明白了,接著要真幹,怎麼真幹?放下萬緣,發菩提心,一向專念,這就是真幹。我這一生就一樁事情,我來到這個世間確實就是為這樁事情,「念阿彌陀佛」。除這樁事情之外,其他都不是我該做的事情,這一句阿彌陀佛就能解決我無始劫以來的事情,生生世世不能解決的是六道輪迴,這一下問題解決了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三0八集) 2011/2/28 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0308
Praktisi
pelafal Amituofo saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemputmu, terlebih
dulu Sang Buddha akan memancarkan cahayaNya untuk menerangi dirimu, cahaya
Buddha memberkati dirimu, sehingga keterampilan melatih dirimu jadi meningkat
satu kali lipat.
Seorang
praktisi yang tidak sanggup melepaskan kemelekatan tidak dapat terlahir ke Alam
Sukhavati. Berapa banyak pun sahabat Dharma yang membantu dirimu melafal
Amituofo, tapi kalau dirimu sendiri tidak sudi mengikuti Buddha Amitabha, anda
masih mendambakan dunia ini, akhirnya hanya bisa mengikuti kekuatan karma jatuh
kembali ke dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, kesempatan dalam satu masa
kehidupan ini telah terlewatkan sia-sia, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Maka itu dalam
kehidupan keseharian mesti belajar melepaskan kemelekatan! Saat menjelang ajal
merupakan momen yang paling menyulitkan, dalam waktu keseharian harus banyak
latihan. Bagaimana cara melatihnya?
Setiap
malam menjelang tidur, renungkanlah, bagaimana kalau malam ini saya tertidur
pulas dan esoknya tidak bangun lagi? Adakah hal yang belum sanggup saya
lepaskan? Apapun tidak bisa dibawa pergi, bahkan tubuh jasmani sendiri saja
tidak bisa dibawa pergi.
Tiap
malam melakukan perenungan sedemikian rupa, sehingga menjadi sebuah kebiasaan, saat
menjelang ajal pasti efektif.
Tidak ada
sesuatu apapun yang dapat kita bawa pergi, harta benda, kekuasaan, kedudukan,
juga tidak bisa dibawa serta, ketenaran dan keuntungan juga tidak bisa dibawa
serta, sanak keluarga dan sanak saudara juga tidak bisa dibawa serta, anda
harus memahaminya secara mendalam, yang anda dambakan semuanya adalah khayalan
semu.
Kalau apa
yang anda risaukan siang malam ini bisa dibawa pergi, maka baguslah; masalahnya
apa yang tiap hari anda risaukan ini, tidak ada satupun yang bisa dibawa pergi,
jadi meskipun tiap hari anda mendambakannya, apalah gunanya?
Maka itu
bukankah lebih baik memanfaatkan waktu guna melafal Amituofo, merenungkan
Buddha Amitabha menjemputku terlahir ke Alam Sukhavati, segala urusan (yang
tidak ada kaitannya dengan diri sendiri) di dunia ini, kita tidak perlu ikut
campur, tidak perlu dilihat juga tidak perlu didengar, tidak ada urusannya
dengan diriku.
Sampai di
Alam Sukhavati segala sesuatu terpenuhi sesuai dengan keinginan hati, tidak
perlu risau lagi. Segala sesuatu yang ada di Alam Sukhavati memiliki keistimewaan
yang tak terbayangkan, maka itu Alam Sukhavati adalah sedemikian menarik hati
setiap insani.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 Februari 2011
往生的時候,阿彌陀佛來接你,佛來接你首先是佛光注照,佛光加持你,把你的功夫就提升一倍。完全沒有功夫,生凡聖同居土,什麼都沒有放下,可是臨走的時候要一切放下。臨走的時候,臨終還放不下,你西方極樂世界沒分,再多人幫助你助念,你不肯去,你有留戀,你還是搞六道輪迴,這一生的機會錯過了,這事情不能不知道。所以臨終要放下!臨終這個事情真難,平常要練,怎麼練法?每天晚上睡覺要做一個觀想,想到什麼?我現在睡到床上就往生了,我還有什麼放不下的?什麼都帶不走,身體都帶不走。天天晚上做這樣想,養成一個習慣,到臨終的時候一定產生效果。沒有一樣能帶走的,財產帶不走,權勢、地位帶不走,名聞利養帶不走,親情帶不走,你心裡要明白,你留戀這些全叫妄想。如果你能夠想,想的是真的,你還能帶走,那還情有可原;想了沒用,那又何必要想?時時刻刻想著佛來接引我,我走了,這個世間所有一切不聞不問,與我不相干。到了西方極樂世界應有盡有,不用操一點心。這個世界上什麼好東西你都帶不去,極樂世界那裡最差的東西也比這裡好,不曉得好多少倍,所以極樂世界確實很誘惑人。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三0八集) 2011/2/28 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0308
Perbanyaklah melafal Amituofo,
janganlah berkhayal, kalau tidak membaca sutra, mulailah dia berpikir
sembarangan, ini menimbulkan rintangan yang sangat besar bagi diri kita.
Tidak boleh tidak membaca
sutra, tidak boleh tidak mendengar ceramah, makin banyak mendengar ceramah
makin bagus, memperkukuh keyakinan hati, yang juga membantumu mengikhlaskan dan
melepaskan kemelekatan.
Bentuk-bentuk pikiran yang
bermunculan, tidak dapat menghentikannya, dengan membaca sutra dan mendengar
ceramah dapat meredakannya. Tetapi saat permulaan upaya ini tidak bisa langsung
efektif, khayalan masih saja merajalela, halangan ini bukanlah masalah, asalkan
anda mau bersabar, dengarkan ceramah dengan seksama, bacalah sutra satu aksara
demi satu aksara, setelah dua tahun atau tiga tahun kemudian, bentuk-bentuk
pikiran akan berkurang dengan sendirinya.
Bentuk-bentuk pikiran
berkurang, membuktikan keterampilan melatih dirimu sudah efektif,
perlahan-lahan anda dapat memasuki kondisi batin.
Janganlah takut karena saat
permulaan anda membaca sutra atau mendengar ceramah, seolah-olah khayalan
bertambah banyak. Kayaknya sebelum baca sutra, bentuk-bentuk pikiran masih
sedikit, tapi kenapa sekarang setelah baca sutra, bentuk-bentuk pikiran makin
merajalela? Saya percaya banyak praktisi pemula yang menghadapi persoalan yang
sama.
Sesungguhnya bukanlah karena
anda tidak baca sutra maka bentuk-bentuk pikiran itu tidak ada, hanya saja anda
tidak menyadarinya, sekarang anda mulai membaca sutra, anda mulai memusatkan
perhatian dan menenangkan diri, barulah menyadari, oh, ternyata bentuk-bentuk
pikiranku ada banyak sekali.
Jadi khayalanmu ada banyak
sekali bukanlah dikarenakan aktivitas baca sutra atau mendengar ceramah. Sesungguhnya
bentuk-bentuk pikiranmu selama ini memang merajalela, hanya saja anda tidak
menyadarinya, sekarang anda disuruh memusatkan perhatian, makanya anda langsung
menyadarinya.
Maka itu janganlah takut pada
fenomena begini, ini adalah hal yang normal, sekarang yang paling penting
adalah bagaimana cara untuk meredakan dan mengurangi bentuk-bentuk pikiran,
anda harus tahu caranya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 28 Februari 2011
經要多念,別胡思亂想,不念經,他就胡思亂想,這個對我們產生障礙很大。不能不念,不能不聽,聽的遍數愈多愈好,堅定自己的信心,堅定自己的願心,也幫助你真的看破、放下。妄念多,止不住,聽經能止住,讀經能止住。可是聽經、讀經還不行,妄念還是好多,那不要緊,只要你有耐心,你認真去聽,一個字一個字認真去讀,二年、三年妄念自然減少了。妄念減少,證明你功夫得力了,你慢慢的就能夠契入境界。不要害怕,好像我沒有讀經,好像妄念少,怎麼我一讀佛經妄念更多?我相信有不少人有這種現象。這不是你不讀經的時候沒有妄念,你不讀經的時候你不知道你自己有妄念,現在一讀經,發現妄念了,不是讀經讀來的,不是聽講聽來的,不是的。你本來就那麼多,沒發現,叫你靜下來的時候,突然發現了。所以這個不要害怕,這是正常現象,現在重要的,如何要把這些妄念減少,你得用方法。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三0八集) 2011/2/28 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0308