Bencana
di dunia ini makin lama makin banyak, ada sebagian praktisi yang tingkat
kesadarannya lebih tinggi, memberitahukan padaku di telepon, menurut perasaan
mereka, sepertinya bencana besar telah dimulai. Insan yang kesadarannya tinggi,
akan lebih murah hati, mengetahui bahwa harta benda yang dimilikinya tidak
bisa dibawa pergi.
Para
ilmuwan juga memprediksi bahwa gempa bumi, letusan gunung berapi, wabah
penyakit, akan semakin meningkat frekuensinya dan semakin parah, bahkan akan banyak bencana
yang tidak pernah dijumpai, seolah-olah muncul secara tiba-tiba.
Dalam
keadaan seperti ini, kita harus menjadikan hari ini merupakan hari terakhir
dalam hidupku. Perkataan ini sudah berulang kali saya sampaikan pada kalian,
nyata dan tidak semu.
Hari
ini merupakan hari terakhirku di dunia ini, sisa waktu sehari ini, apa yang
harus kulakukan, diri sendiri pasti bisa memahaminya, bukan saja tidak boleh
berbuat jahat, bahkan niat pikiran buruk pun tidak boleh timbul.
Kita
berharap sisa waktu sehari ini dapat mensucikan hati dan pikiran. Insan suci
dan bijak Tiongkok kuno mengajarkan pada kita untuk melakukan kebajikan sempurna,
lantas bagaimana cara untuk mewujudkannya?
Kita
sekarang telah mengerti, tiada keraguan lagi, memastikannya bahwa kebajikan
sempurna dan terunggul, tak lain adalah melafal Amituofo, sisa waktu sehari ini,
tiap menit dan tiap detiknya mesti tidak lupa melafal Amituofo, begini barulah
betul.
Apabila
menganggap tiap hari merupakan hari terakhirku, tiap hari menggenggam erat
sepatah Amituofo dan takkan mengendurkannya sama sekali, saat bencana
menjelang, kita terlahir ke Alam Sukhavati, target yang diharapkan selama kalpa
tak terhingga akhirnya tercapai.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
我們現在這個世界災難愈來愈多,有部分同學警覺性比較高,在電話當中告訴我,在他們感觸當中,好像大災難已經開始了。警覺性高的人,他就把自己所擁有的財富拿出來多做好事,知道這些東西是帶不走的,確實是有相當的警覺性。在預測,連科學家也是如此,地震、火山、瘟疫會愈來愈頻繁,災難也愈來愈嚴重,甚至於許許多多大災難是沒有遇到的,好像突然來了。在這種環境當中,我們確確實實要把此時此地當作我們這一生當中最後的一天。這個話我跟同學們講了很多次,是真的,不是假的。今天是我在世界上最後的一天,我必須要做些什麼事,自己就明白了,不但不善的事不能做,不善的念頭都不能生,我們希望今天一天是做到純淨純善。中國古聖先賢教導我們止於至善,這要怎麼做法?我們現在明白了,沒有懷疑,完全肯定,無過於念阿彌陀佛,我今天一天的時間,分分秒秒我都不忘記念佛,這就對了。如果每天都把它看作最後一天,每天抓緊這一句佛號不放,災難降臨的時候,我們就往生極樂世界,無量劫來心目當中所希求的目標終於達到了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344
Setiap
perbuatan kita direkam ke dalam Alaya-vijnana (gudang kesadaran atau kesadaran
kedelapan), ibaratnya setiap perbuatanmu ada catatan kasusnya, ada bukti
rekamannya. Semua data ini tersimpan di dalam Alayavijnana.
Alayavijnana
merupakan gudang data kasus perbuatanmu, yang tersimpan selamanya, takkan
rusak, meskipun melewati masa kehidupan demi masa kehidupan, tetap saja awet
tersimpan.
Kalau
data ini tidak tersimpan dengan rapi, ketika anda memiliki kemampuan gaib
mengetahui masa kehidupan lampau, bagaimana anda dapat mengetahui kejadian masa
kehidupan lampaumu?
Ketika
anda memiliki kemampuan gaib mengetahui masa kehidupan lampau, yang berarti
anda memiliki izin untuk mengakses catatan kasus perbuatanmu di gudang data
alias Alayavijnana.
Maka
itu dalam bertindak mesti berhati-hati, tidak boleh ceroboh, oleh karena gudang
data-mu merekamnya sampai sedetail-detainya, apalagi kalau sampai gudang
data-mu semuanya berisi kasus kejahatan, tidak bagus bukan.
Karma
buruk pasti berakibat balasan buruk, ketika benih karma buruk yang telah
ditanam bertemu dengan faktor pendukung atau jodoh, maka akan membuahkan
akibat; demikian pula dengan karma baik ketika bertemu dengan faktor pendukung
maka akan membuahkan buah karma yang baik.
Buah
karma baik mencakup pahala Alam Dewa dan Manusia, pada satu masa kehidupan ini,
anda menikmati pahala besar, menikmati kekayaan, atau memperoleh kedudukan yang
tinggi, semuanya telah ditetapkan di dalam garis hidup, tidak ada kaitannya
dengan orang lain.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
Enam jenis kemampuan gaib :
我們正在造的時候就做事,造完之後就結業。業在哪裡?業在阿賴耶。等於說你造作的統統都有檔案,有記錄。收藏在哪裡?收藏在阿賴耶。阿賴耶是你的資料庫,保存很久,永遠保存,你生生世世它都保存住。如果要不保存,你證得宿命通,你怎麼能知道過去世?證得宿命通,沒有別的,就等於說你可以把過去世這些資料檔案統統調出來看,就這個意思。我們凡夫不知道藏在哪裡,調不出來,宿命通的人可以把自己無量劫前的檔案全調出來,知道過去幹些什麼。所以造作不能大意、不能糊塗,你的資料室藏的檔案全是惡業,那就不好。惡業一定感得惡報,遇到惡緣,果報現前;善業感得善果,遇到緣分的時候,這個善果就現前。善果是人天福報,你這一生當中享大福報,擁有財富,或者是你得到很高的地位,全是命中有的,半點不由人。所以這些都不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344
Menyebarluaskan Buddha Dharma
memberi manfaat bagi semua makhluk, merupakan hal yang bagus, menasehati orang
menghapus kejahatan menimbun kebajikan juga merupakan hal yang bagus, tetapi di
dalam masyarakat ada sebagian orang yang tidak percaya, tidak dapat
menerimanya, malah ingin menfitnah dirimu, menghina dirimu, bahkan mengusirmu
dari sebuah wilayah, inilah yang disebut dengan memikul penderitaan para
makhluk, barulah menyadari ternyata berkah para makhluk di wilayah tersebut
sangat tipis.
Lihatlah Kusala Dharma (cara
untuk menimbun kebajikan) di wilayah tersebut tidak dapat disebarluaskan, ada
rintangan yang sedemikian besarnya, umumnya disebut sebagai rintangan Mara.
Ada pula yang disebut sebagai “Pelatihan
diri maju satu kaki, rintangan Mara juga bertambah satu zhang (10 kaki = 1
zhang)“, dari mana Mara berasal? Dari karma buruk kolektif.
Setelah anda mengenalinya
dengan jelas, dalam menghadapi kondisi suka dan duka akan dilewati dengan
lancar, dengan sendirinya jadi sempurna. Niat membantu para makhluk tetapi
urusan tidak bisa jadi sempurna, umpamanya kebajikan anda dirintangi orang
lain, bagaimana bisa sempurna?
Sesungguhnya niat anda telah
jadi sempurna meskipun belum diwujudkan. Di dalam Ajaran Buddha Mahayana yang
dipersoalkan adalah niatnya, asalkan niatnya sudah sempurna maka jasa
kebajikannya juga telah sempurna.
Lantas bagaimana kalau niat itu
belum sempat terwujud? Ini dikarenakan pahala para makhluk tidak mencukupi, tidak
ada kaitannya dengan dirimu, Buddha Sakyamuni menyampaikannya di dalam
“Surangama Sutra”.
Dari sini dapat diketahui
meskipun menghadapi kesulitan sebesar apapun, Bodhisattva tidak boleh tidak
membangkitkan niat (menyelamatkan para makhluk). Membangkitkan niat tetapi
tidak terlaksana, bukanlah masalah, yang penting harus membangkitkan niat.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 26 Maret 2011
弘法利生,好事,勸人斷惡修善是好事,可是真的社會上確實有一部分人不相信,不能接受,還得毀謗你、侮辱你,甚至把你驅逐出境,這叫代眾生苦,就知道這個地區眾生福薄。你看,善法在這裡推不動,有這麼大的障礙,一般稱之為魔障。又有所謂「道高一尺,魔高一丈」,魔從哪裡來的?不善共業來產生的。你統統把它認識清楚了,你在境界當中也很順利,自自然然相處,就圓滿了。幫助眾生的事情不圓滿,實際上圓滿了。你這個好事被人障礙,怎麼圓滿?你的發心圓滿。大乘佛法論心不論事,發心圓滿就是功德圓成。事情沒有圓滿是什麼?那是眾生福報不夠,與你不相干,世尊《楞嚴經》上講的。由此可知,再大的艱難,菩薩不能不發心,不發心就錯了。發心做不到沒關係,一定要發心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三四四集) 2011/3/26 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0344