Dapat bersua dengan Buddha merupakan
jodoh, dapat meyakini dan memahami ajaranNya, dapat terlahir ke Alam
Sukhavati berarti jodohnya sudah masak.
Apabila orang ini ternyata
lahir pada “masa sebelum dan sesudah era Buddha”, yakni terlahir pada era tidak
adanya Buddha dan Dharma di dunia ini.
Dharma Buddha Sakyamuni
berlangsung selama 12 ribu tahun, terlahir sebelum atau sesudah era ini,
berarti tidak punya jodoh mendengar Buddha Dharma.
Pada zaman berakhirnya Dharma,
di dunia ini sudah tidak ada Buddha Dharma lagi, buku-buku sutra juga tidak
tampak lagi, lenyap dari peredaran.
Dengan perkataan lain, meskipun
di Alayavijnana ada tertanam akar kebajikan dan berkah kebajikan, tetapi tidak
punya jalinan jodoh, tidak bisa efektif, masih saja harus bertumimbal lahir,
mengikuti kekuatan karma.
Jadi harus menanti kemunculan
Buddha berikutnya, barulah di dunia ini terbentuk kembali Tri Ratna (Buddha,
Dharma, Sangha), tergantung apakah anda memiliki jodoh atau tidak, saat itu
apakah bisa terlahir sebagai manusia atau tidak, mendekatkan diri pada Sang
Buddha.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
Delapan kondisi yang tidak menguntungkan untuk menjalani kehidupan
suci :
遇佛是緣,能信是緣,能解也是緣,真正能往生,緣成熟了。如果這個人「生在佛前佛後」,這個佛前佛後要講佛的法運,佛的法運一萬二千年,生在這個之前,或者生在這個之後,沒有緣聞到佛法。末法滅盡的時候,這個世界上就沒佛法,這些經典都不存在,這個世界上再找不到了。換句話說,雖然阿賴耶裡面有善根福德,沒有緣分,它不起作用,依舊還是要搞輪迴,隨業流轉。那要等到下一尊佛出世,這個世界上又有一次三寶具足,看你有沒有這個緣分,在那個時候又得到人身,親近佛陀。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333
Di
Alam Manusia meskipun sengsara namun di Alam Manusia dapat menuntaskan masalah,
asalkan dapat tercerahkan. Untuk mencapai pencerahan, maka anda mesti
melepaskan kemelekatan.
Apa
yang menghalangi pencerahanmu? Hal paling parah yang menghalangi pencerahanmu
adalah mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, niat mengejar ketenaran
dan keuntungan, ketamakan, keserakahan, kedunguan, kesombongan, di luar ada
lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam kondisi
luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran).
Untuk
menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan, cara terbaik adalah
mempelajari ajaran sutra, cara terbaik mempelajari ajaran sutra adalah memberi
ceramah dan mengajar.
Lihatlah
para Buddha Tathagata di sepuluh penjuru, para Bodhisattvaya Mahasattvaya, tidak
ada yang tidak bergerak di bidang ini, oleh karena bidang pengajaran memberi
manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Tiap
hari memberi ceramah dan mengajar, anda takkan terpengaruh oleh kondisi luar,
barulah anda dapat mencapai samadhi (konsentrasi), barulah kebijaksanaanmu
dapat terbuka, barulah anda dapat mencapai tingkatan kesucian.
Setiap
praktisi yang masih dapat terpengaruh oleh kondisi luar, anda tidak dapat
berhasil, berapa banyak pun kebajikan yang anda lakukan, hanya bisa
berputar-putar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Jika
tidak berhasil keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka ini sama halnya
dengan telah membiarkan satu masa kehidupan ini terlewatkan secara sia-sia,
secuil pencapaian pun tidak punya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
人道雖然辛苦,人道能解決問題,只要覺悟。那要想真覺悟,真覺悟你得放下。障礙你覺悟是哪些東西?障礙你覺悟最嚴重的,是自私自利,是名聞利養,是貪瞋痴慢,外面是五欲六塵。破迷開悟最好的方法是學習經教,學習經教最好的方法是講經教學。你看十方諸佛如來、諸大菩薩,沒有一個不是從這一道出身的,講經教學確確實實自利利他。天天講經教學,你就不會被外界一切眾緣所干擾,你能保住自己不受外界影響,你才能得定,你才能開慧,你才能證果。凡是會受外面境界影響,你不能成就,做再多的好事都還是在六道,脫離不了六道。脫離不了六道,就等於你這一生空過了、白過了,一絲毫成就都沒有。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333
Jika
tidak berhasil keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka ini sama halnya
dengan telah membiarkan satu masa kehidupan ini terlewatkan secara sia-sia,
secuil pencapaian pun tidak punya.
Maka
itu praktisi Aliran Sukhavati setiap mengikuti kebaktian sore akan melakukan
introspeksi diri, apakah hari ini saya ada terpengaruh oleh kondisi luar (cobaan
dan godaan)?
Saya
percaya banyak praktisi yang tidak pernah terpikir hal begini, bila ada
terpikir hal ini, pasti merasa ngeri, mengapa demikian? Tidak punya pencapaian
apa-apa, tidak punya kemajuan batin, melewati hari demi hari dengan sia-sia,
apa tidak celaka?
Orang
lain baru memujimu beberapa patah kata, anda langsung kegirangan, begitu
gampangnya terpengaruh; orang lain menfitnahmu, anda langsung emosi, kenapa
anda tidak bisa menjadi majikan bagi diri sendiri, mengendalikan perasaan
sendiri, kenapa mau saja diputar oleh kondisi luar? Inilah tumimbal lahir!
Tiap
hari berputar di dalam lingkaran tumimbal lahir, dengan hati tumimbal lahir
menciptakan karma tumimbal lahir, buah akibatnya adalah jatuh kembali ke dalam arus tumimbal lahir, sungguh mengerikan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 20 Maret 2011
Video Kebaktian Sore :
脫離不了六道,就等於你這一生空過了、白過了,一絲毫成就都沒有。所以學佛的人,每一天晚課我們做反省、做懺悔的時候,有沒有想到一個問題,我今天有沒有被境界干擾?我想很多人都沒想到過這個問題。如果想到這個問題,自己就會恐怖,為什麼?沒有長進,天天空過,這還得了嗎?別人讚歎你幾句,很高興,你被他影響了;別人毀謗你,你就生氣,你怎麼一點都不能做主,隨著外頭境界轉?這是輪迴!天天在搞輪迴,輪迴心造輪迴業,後頭的果報就是輪迴,太可怕了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三三三集) 2011/3/20 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0333