Rabu, 02 Oktober 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Februari 2011 (Bgn 4)


Apabila kita tidak serius melatih diri, kelak bagaimana? Demi diri sendiri, mesti menfokuskan pikiran melafal Amituofo, melepaskan segala kemelekatan; demi para makhluk yang menderita, maka kita harus melestarikan pendidikan kesusilaan, meneruskan karir Tathagata, menyebarluaskan Buddha Dharma, jasa kebajikan ini sungguh terlampau besar.

Lantas kita bertanya, apakah dengan jasa kebajikan ini, kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Coba pikirkan sendiri, apakah bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Leluhur, insan suci dan bijak melindungi dirimu, Buddha dan Bodhisattva memberkati dirimu, asalkan di dalam hatimu memiliki niat untuk terlahir ke Alam Sukhavati, Buddha dan Bodhisattva pasti datang menjemputmu, anda telah berjasa bagi perkembangan Buddha Dharma.

Jika bertemu dengan jodoh atau kesempatan untuk menyebarluaskan Ajaran Buddha, hendaknya dilakukan dengan segenap hati, sebaliknya kalau belum punya jodoh demikian, maka tidak perlu memaksakan kehendak, juga tidak perlu sengaja mencari peluang tersebut.

Kalau belum punya jodoh begini, tetapi tetap memaksakan diri, ini sudah salah, anda telah kehilangan sebutir hati yang suci. Ketika kesempatan itu datang mencarimu, maka bolehlah, ada jodoh maka lakukanlah dengan serius; sebaliknya kalau belum punya jodoh, maka lebih baik mengasingkan diri, jadi dua-duanya juga bagus.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Februari 2011


我們不認真學、不好好的學,將來怎麼辦?為自己,要一心念佛,放下萬緣;要為苦難眾生,那就要繼古聖之絕學,續如來之慧命,這個功德太大了。

那我們要問,這功德能不能往生?你自己想想能不能往生?祖宗、聖賢保佑你,佛菩薩加持你,只要你心裡想往生,佛菩薩就來接引你,你為佛法立了大功。遇到這個緣了不能不做,沒有這個緣,不去攀緣,不求,這是佛教導我們的。沒有緣要去攀緣,錯了,你的清淨心失掉了。緣來找你,這個可以,有緣要認真做;沒有緣,獨善其身,古人的教訓,逢緣要兼善天下,無緣要獨善其身,都是好事。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八九集)  2011/2/18


 


 
 
Kesabaran yang dimiliki Bodhisattva merupakan etika moral pelatihan diriNya, bukan karena sebab tertentu, tetapi secara alami dapat bersabar. Lain halnya dengan praktisi pemula, belum memiliki pemahaman secara mendalam, selalu menuruti perasaan emosionalnya, yakni hatinya tidak suci, terutama orang masa kini dimana suasana hatinya labil dan mudah tersinggung.

Masa kini untuk menyampaikan ceramah merupakan hal yang sulit, demikian pula untuk melatih diri sendiri juga tidak gampang. Tetapi bagi praktisi yang tahu cara melatih diri, lingkungan sekarang ini justru sangat berguna bagi pelatihan dirinya.

Terutama dalam melatih Ksanti Paramita, boleh dikatakan dalam segala waktu, segala tempat, orang-orang yang anda jumpai, masalah yang anda hadapi, semua ini membuat segudang beban pikiran bagi dirimu; dengan perkataan lain, mereka ini merupakan kelas bagi dirimu untuk menuntut ilmu kesabaran, melatih Ksanti Paramita.

Jadi materi untuk menguji kesabaranmu itu terlampau banyak, sejak pagi hingga malam, dirimu ditempa terus, apakah anda sanggup bersabar? Apakah anda dapat menghadapi orang maupun masalah dengan hati yang seimbang?

Dia menciptakan karma buruk, pasti ada balasannya, apakah kita boleh mengingatkan dirinya? Lebih baik jangan mengatakannya keluar. Apa alasannya? Apabila dia itu orangnya rendah hati dan bisa menerima nasehat orang lain, bersedia memperbaiki diri, maka anda boleh memberinya wejangan.

Jika sebaliknya, dia tidak suka dikritik orang lain, maka sebaiknya anda diam saja, kalau anda bersikeras mengatakannya keluar, bukannya berterimakasih, malah dia akan membenci dirimu, dia akan menuduh dirimu meremehkan dirinya, sehingga menjalin ikatan permusuhan.

Maka itu harus memiliki kebijaksanaan untuk mengamati secara seksama, dalam bertutur kata hendaknya tahu batasan, terhadap lingkungan luar, mesti melihat dengan jelas dan dimengerti, selamanya mempertahankan sikap mental (niat pikiran) yang benar, begini barulah disebut melatih diri secara benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Februari 2011


菩薩的忍是他修行當中的德行,不因任何緣故,而且自自然然能忍。但是初學的人不行,初學的人沒有這種認知,常常隨著感情衝動,也就是心不清淨,尤其現在人心浮氣躁。現在教學難,我們的學習也不容易,但是真正會學的人、善學的人,現在這個環境對修學是很有利的。特別是忍辱波羅蜜,因為你可以說是在一切時、一切處,你遇到的一切人、一切事都會讓你生煩惱;換句話說,就是你修忍辱的教室、修忍辱的教材太多太多了,你從早到晚你會常常遇到,你能不能忍?你能不能心平氣和的對待?他造作的一切不善,他有因果,我們能不能提醒他們?最好別說。為什麼?這個人要能夠很虛心聽別人勸的,他真正會改過,你就要告訴他;他要不喜歡聽別人批評他,你就別說,說了什麼?說了他恨你,不但他不能改,他怨恨你,他說你瞧不起他,這樣就結了冤仇。所以,自己要有智慧去觀察,言語有分寸,對外面境界要看得清清楚楚,永遠保持自己的端正心態,這真修行。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八九集)  2011/2/18



 
 
 
Hendaknya memiliki kebijaksanaan untuk mengamati secara seksama, dalam bertutur kata harus tahu batasan, terhadap lingkungan luar, mesti melihat dengan jelas dan dimengerti, selamanya mempertahankan sikap mental (niat pikiran) yang benar, begini barulah disebut melatih diri secara benar.

Apa yang dimaksud dengan mempertahankan sikap mental (niat pikiran) yang benar? Yakni tidak timbul niat pikiran, hal ini tidak sanggup kita wujudkan, jadi kita hanya bisa melatih tidak membeda-bedakan dan tidak melekat. Dengan demikian kemajuan batin kita akan terus meningkat, sangat penting!

Dengan perkataan lain, dalam masyarakat hari ini, dalam segala waktu, segala tempat, setiap orang, setiap permasalahan, juga sedang menguji dirimu, apa yang diuji? Untuk menguji apakah anda ini praktisi tulen atau gadungan?

Apabila anda serius mengamalkannya, tetap teguh tak tergoyahkan, inilah Samadhi; jelas dan dimengerti, sama sekali tidak bingung, ini adalah Prajna (kebijaksanaan); mempertahankan ajaran sutra Buddha dan klasik insan suci dan bijak, inilah yang disebut Sila.

Praktisi yang serius melatih sila, samadhi dan prajna, tak peduli kapan saja dan di mana saja, dalam lingkungan baik suka maupun duka, baik terhadap makhluk hidup maupun benda mati, manusia dan urusan, semuanya juga dapat membantumu melatih sila, samadhi dan prajna.

Maka itu lingkungan buruk yang ada di depan mata, justru merupakan lingkungan yang baik bagi praktisi guna meningkatkan kualitas batin. Sedangkan bagi praktisi yang malas, malah merupakan lingkungan yang begitu buruk, mengapa demikian?

Dia akan mengikuti arus dan mengalami kemerosotan batin. Di dalam lingkungan sekarang ini, tidak ada hal yang dapat terwujud sesuai dengan keinginannya, makanya hatinya dipenuhi kemurkaan, kerisauan, tidak seimbang, yang ini tidak cocok, yang itu juga tidak cocok, ke mana pun dia menuju, tetap saja tidak ada hal yang dapat membuatnya merasa puas.

Mengapa demikian? Garis hidupnya memang begini adanya! Jadi bukan dengan mengganti lingkungan lama dengan lingkungan baru, maka segalanya bisa berjalan lancar, bukan begini caranya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Februari 2011


自己要有智慧去觀察,言語有分寸,對外面境界要看得清清楚楚,永遠保持自己的端正心態,這真修行。

端正心態是什麼?不起心、不動念做不到,這是真的,保持著不分別、不執著就好,我們的境界就會不斷向上提升,很重要!換句話說,今天這個社會,一切時、一切處,一切人、一切事都在考驗我們,考驗你什麼?考驗你到底是幹真的是幹假的?你要是幹真的,如如不動,是定;清清楚楚,一點都不糊塗,那是智慧;守住經典、聖賢的教誨,那是戒律。真幹的人每天都在這裡修戒定慧,不論是什麼時候、什麼處所、什麼環境,物質環境、人事環境,統統成就你修戒定慧。所以,現前環境對待真修行的人是好環境,大幅度幫助你提升。對懈惰懶散的人,那就是非常不好的環境,為什麼?他會跟著墮落下去。在環境當中,沒有稱心滿意的,所以滿心的怨恨、煩惱、不平,這個也不如意,那個也不如意,他走到哪裡都不如意。為什麼?他命如此!不是說換個環境就好了,不是。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二八九集)  2011/2/18