Apakah
hari ini kita memiliki keyakinan? Praktisi sekalian tentunya masih ingat bahwa
saya pernah menceritakan tentang pertemuanku dengan Upasaka Li Bing-nan di
depan gerbang pintu masuk Perpustakaan Ci Guang.
Setelah
ditahbiskan dua tahun kemudian barulah saya pergi mengambil sila KeBhiksuan,
menuruti jodoh! Kalau jodohnya belum masak, orang lain menyelenggarakan
kegiatan pengambilan sila, kita juga tak berdaya menghadiri dan mengikutinya,
apa alasannya? Waktu itu untuk mengikuti kegiatan ini butuh biaya, sementara
saya tidak punya uang sejumlah itu.
Setelah
meninggalkan keduniawian, saya mulai mengajar di kampus Buddhis, selain itu
memberi ceramah di luar. Kemudian usai dari mengambil sila, hal pertama yang
saya lakukan adalah mengunjungi Guru Li, sebagai ungkapan terima kasih pada
jasa guru.
Guruku
adalah Upasaka Li Bing-nan, saya berangkat ke Taichung, Guru Li sedang berada
di Perpustakaan Ci Guang, saya menuju ke sana dan melihat Guru Li sedang berada
di gerbang pintu Perpustakaan Ci Guang.
Beliau
melihat kedatanganku, lalu tangannya menunjuk ke arahku sambil berkata : “Kamu
harus yakin pada Buddha ya, kamu harus yakin pada Buddha ya”. Dengan suara
nyaring mengulang perkataan ini beberapa kali.
Saya
jadi keheranan, saya sudah jadi Bhiksu dua tahun lamanya, demikian pula
mengajar di kampus Buddhis juga sudah dua tahun lamanya, kenapa sekarang
dibilang saya harus yakin pada Buddha? Memangnya selama ini saya tidak yakin
pada Buddha?
Kemudian
kami masuk ke dalam ruangan, Guru Li mempersilahkan saya duduk, lalu
menjelaskan padaku, “Anda harus tahu, banyak Bhiksu senior yang sampai mati pun
tidak yakin pada Buddha”.
Mendengar
ucapan ini, saya jadi tercengang, apa maksudnya yakin pada Buddha? Yakin pada
Buddha artinya yakin pada ajaran yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada
kita, benar-benar mengamalkannya, inilah yang disebut sebagai yakin pada
Buddha. Jika anda tidak mengamalkannya berarti anda tidak yakin.
Barulah
saya memahami bahwa di dalam keyakinan itu telah mencakup pemahaman, pengamalan
dan pencapaian. Keyakinan, pemahaman, pengamalan dan pencapaian merupakan satu
kesatuan yang tak terpisahkan.
Jika
anda cuma memiliki keyakinan, tanpa disertai pemahaman, tanpa disertai
pengamalan, juga tidak ada pencapaian, maka keyakinan begini adalah keyakinan
semu, bukan nyata adanya.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Februari 2011
我們再看下面,「又《瓔珞本業經下》云:一切眾生,初入三寶海,以信為本。住在佛家,以戒為本。」首先是個信,信為道元功德母。我們現在有沒有信?老同學一定會記得我講過,李老師跟我在慈光圖書館大門口一段故事。我出家兩年才受戒,隨緣!緣不成熟,人家開戒,我們沒法子去受戒,什麼原因?那個時候受戒要繳錢的,我哪有那麼多錢?我是出家就開始教學,就在佛學院上課,就在外面講經。受戒之後第一樁事情,感謝老師的栽培,佛門叫回到自己道場修禮座,去拜老師。我的老師是李炳南老居士,我到台中,老師在圖書館,我在門口看到他,他也看到我了,他一看到我手指著我:你要信佛,你要信佛。好大的聲音叫了好幾遍,我進去都莫名其妙了,出家兩年多了,教佛學院教了兩年,你怎麼說叫我信佛?我不信佛我能幹嗎?進去之後他叫我坐下來,我就聽他老人家開示。他說「你要曉得,有很多老和尚到死都不信佛。」我聽了就嚇一跳,什麼叫信佛?信佛是佛在經上的教誡你真相信、真去做,那叫信佛;你沒有做,你沒有相信。我這才明瞭這個信裡頭包括解、包括行、包括證,信解行證不能分割,是一體。你說你單單有信,沒有解、沒有行、沒有證,那個信是假的,不是真的。這個話過去章嘉大師給我講過,我沒有這麼深的體會,老師這樣一個動作,讓我感到非常意外、非常驚訝,這個印象就非常深刻了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三00集) 2011/2/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0300
Hal yang paling sulit dijauhi
manusia adalah ketenaran dan keuntungan, ketika anda diberikan kedudukan
tinggi, apakah hatimu takkan goyah? Ketika anda diberikan harta berlimpah,
apakah hatimu takkan goyah? Hati yang rakus itu langsung bangkit ke permukaan, hati
loba pasti membawa rangkaian ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan
kecurigaan, tanpa pengamalan sila yang gigih dan nyata, ketika anda bertemu
dengan kondisi sedemikian rupa, pasti gagal terlahir ke Alam Sukhavati.
Master Lian Chi di dalam karya
tulisnya yang berjudul “Zhu Chuang Sui Bi (Catatan Jendela Bambu)”, tercantum
sebuah kisah tentang Bhiksu senior yang telah melatih diri selama
bertahun-tahun di atas gunung, etika moral dan pendidikannya membuat orang
salut padanya.
Suatu hari umat yang tinggal di
perkotaan mengundang Bhiksu ini untuk berceramah di kota, memberi kesempatan
bagi umat memberi persembahan kepadanya. Bhiksu ini pun berangkat ke kota.
Umat di perkotaan
mempersembahkan sebuah vihara bak istana kepada si Bhiksu dan mengundangnya
jadi kepala vihara, di dalam vihara tersebut segala keperluan hidup telah
tersedia dengan mewahnya, hati si Bhiksu pun mulai goyah, alhasil sila, samadhi
dan prajna pun ikut raib, sebaliknya ketamakan, kebencian dan kedunguan segera
bangkit ke permukaan. Jerih payah melatih diri berpuluh-puluh tahun di tengah
pegunungan, begitu masuk ke perkotaan langsung luluh lantak, tak kuasa menahan
godaan duniawi.
Lihatlah kasus begini begitu
sulitnya, tidak gampang! Coba kita renungkan diri kita sendiri, di tengah dunia
yang gemerlapan ini, tidak ada satupun hal yang tidak sedang menggoda diri
kita, sehingga di benak muncul Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih,
senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa,
ketenaran, makanan, tidur).
Di dunia ini, tak peduli anda
berada di pelosok manapun, godaan ini tetap bersama dirimu, jadi kita mesti
mengenakan baju perisai Sila, Samadhi (konsentrasi) dan Prajna (kebijaksanaan),
mempertahankan pikiran benar tak tergoyahkan, mengamati bahwa segala yang ada di dunia ini adalah
bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan, maka itu
merupakan semu, atyanta-sunyata dan tidak ada yang bisa diperoleh.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Februari 2011
Atyanta-sunyata
:
世間人最難突破的高名厚利,給你很高的地位,你動不動心?給你很大一筆財富,動不動心?貪心就起來,貪一定連帶著貪瞋痴慢疑統統都起來,沒有堅實持戒的這種德行,你遇到這個境界往往就失敗。
甚至於修行多年到老和尚了,蓮池大師《竹窗隨筆》上有記載,深山真修,德行、學問受人敬仰,城裡面的信徒請他去講經,請他去供養,他去了。說有個道場金碧輝煌請他去做方丈,他去了,住進去之後一切隨俗,道心就沒有了,完全退轉,戒定慧不見了,貪瞋痴現前,深山修了幾十年,一入塵世禁不起考驗就完了。你說這個事情多難、多不容易!我們自己想想,現在這個花花世界,沒有一樣東西不在誘惑人,誘惑你生起七情五欲,你說是不是?七情是喜怒哀樂愛惡欲,五欲是財色名食睡。在這個世界,無論你走到哪個角落,它就在你身邊,如果你有戒定鎧甲如如不動,還得加上觀慧,知道什麼?「觀法如化」,花花世界夢幻泡影,無所有、畢竟空、不可得。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三00集) 2011/2/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0300
Ketika
lingkungan di luar sedang menggoda (menguji) dirimu, anda harus memiliki
keterampilan untuk merenungkan, saat menghadapi kondisi suka, anda jadi rakus
padanya; sebaliknya ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan, anda
jadi kesal dan murka. Hal ini kapan saja dan di mana saja juga sedang
mengelilingi dirimu.
Maka itu
hidup di dunia ini, seperti yang tercantum di dalam sutra, melatih diri di alam
saha selama 1 hari adalah sama dengan melatih diri di Alam Sukhavati selama 100
tahun.
Dengan
perkataan lain, melatih diri di dunia ini memiliki kecepatan turbo dibandingkan
dengan melatih diri di Alam Sukhavati. Memang benar, memang tidak salah, tapi
harus diperhatikan, melatih diri di dunia saha ini, naiknya cepat, turunnya
juga cepat. Begitu kurang hati-hati sehingga melakukan karma buruk, maka harus
melaporkan diri ke Neraka.
Di Alam
Sukhavati, tidak ada karma baik maupun buruk, makanya anda selamanya berdiam
dalam samadhi (pikiran terfokus), sehingga kemajuan batin pun berjalan secara
slowly (namun takkan mengalami kemerosotan batin sama sekali).
Lain
halnya di Bumi ini, ujiannya sungguh mendebarkan, anda bisa dapat nilai seratus
juga bisa sebaliknya. Kalau lulus syukurlah, kalau gagal langsung jatuh
terhempas sampai luluh lantak, perbedaannya begitu jauh sekali.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 24 Februari 2011
外頭境界誘惑你,你要有觀照的功夫,善的境界在誘惑你,讓你起貪心;不善的境界來誘惑你,讓你起瞋恚心。這在日常生活當中一切時、一切處都在圍繞你。所以這個世界,經上講得好,娑婆世界修行一天,等於在極樂世界修行一百年。換句話說,這個世界不錯,在這個世界修行比極樂世界進展太快了。沒錯,這個世界是大起大落,起得快,落得也快,一個不小心就跌到阿鼻地獄去了。真正有觀照功夫的人,在這個世界好;西方極樂世界善惡都沒有,所以你的心永遠是保持定的境界,因此那個進步就很慢,沒那麼快。這個地方是考試非常嚴格,通過馬上就提升,不通過馬上就下去,兩個世界不一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三00集) 2011/2/24 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0300