Sabtu, 16 November 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011 (Bgn 4)


Buddha berkata menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, asalkan anda sudah tercerahkan, maka bahagianya tiada bandingnya, sebaliknya jika masih juga tak tercerahkan, kesengsaraan yang dijalani adalah tak terhingga dan tanpa batas.

Anda harus memahaminya, balasan karma buruk adalah berasal dari kesesatan (niat buruk), oleh karena anda tidak memahami kebenaran, setelah memahami kebenaran maka alangkah bahagianya, permasalahan-mu jadi teratasi.

Apakah sekarang anda masih punya problema yang mengganjal di hati? Nihil! Setiap orang adalah orang baik, setiap kejadian juga adalah peristiwa baik.

Banyak orang yang setelah melihat diriku jadi kasihan padaku, mereka merasa prihatin dengan usiaku yang sudah uzur, tetapi tidak ada orang yang menjaga diriku.

Lantas, apakah saya sendiri juga merasa prihatin dengan diriku sendiri? Sudah uzur tidak ada yang menjaga? Tidak sama sekali. Mengapa usiaku sudah uzur tapi tidak ada yang menjaga diriku?

Tuhan memberiku fisik yang sehat, saya masih sanggup mengurus diriku sendiri. Jika saya butuh orang lain menjaga diriku, ini menunjukkan kalau saya sudah begitu lemah, tidak sanggup bergerak lagi.

Kalau memang suatu saat nanti, saya sudah tidak sanggup lagi mandiri, saya percaya Buddha dan Bodhisattva akan mengutus seseorang datang menjaga diriku.

Guruku Upasaka Li Bing-nan telah menunjukkan contoh teladan padaku, saya berguru padanya selama 10 tahun, ketika baru mengikuti beliau, usianya 70 tahun, ketika saya meninggalkan Asosiasi Lotus, usia beliau sudah 80 tahun.

Guru Li tetap menjalankan tugas-tugasnya sendirian hingga usia 95 tahun, barulah ada dua orang murid yang menjaganya, Guru Li barulah mau menerima bantuan muridnya. Guru Li wafat dalam usia 97 tahun.

Makanya saat tubuh masih sehat, buat apa dijaga orang lain? Apa yang dikerjakan tiap hari adalah misi para Buddha, alangkah bahagianya! Begini barulah disebut meneladani Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


佛講的話破迷開悟,只要你悟了,你就無比的快樂,你要不悟的話,你是無量無邊的苦惱。你要懂,苦惱、造業、三途、惡報都是從迷來的,你不了解事實真相,了解事實真相你多快樂,你的問題全解決了。現在有事情嗎?沒事!人人是好人,事事是好事。有很多人替我悲哀,說我這麼大的年歲,旁邊一個照顧的人都沒有。我自己悲不悲哀?不悲哀。為什麼在這樣的年齡,一個照顧的人都沒有?上天給我好的身體,我自己會照顧自己。需要人照顧,說明什麼?我身體已經衰了,不行了。到我身體真衰了,不能照顧自己了,我相信佛菩薩會派人來照顧我。什麼都能做!我前面有榜樣,李炳南老居士我跟他十年,我跟他的時候他七十歲,我離開他的時候他八十歲;他到九十五歲沒人照顧,我今年才八十五,還有十年。九十五歲那年,有兩個同學,姐弟二人發心照顧老師,老師同意了。九十五歲才有兩個年輕人照顧他,九十七歲往生的。身體健康何必要人照顧?每天幹的事是佛幹的事,幹佛所幹的事那多快樂!這叫學佛。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0九集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0309


 

 

Tathagata muncul di dunia adalah demi membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, selain misi agung ini takkan ada lagi tujuan lainnya, caranya adalah dengan teori dan pengamalan nyata.

Memberi teladan dalam bentuk pengamalan nyata yakni mewujudkan sila, samadhi dan prajna, agar setiap insan yang melihat tindak tanduknya, merasa salut dan bersukacita, dia jadi ingin belajar padamu, minta bimbinganmu, anda pun baik-baik membimbingnya, inilah yang disebut sebagai waktu yang tepat.

Jadi bukanlah anda sengaja pergi mencarinya untuk membimbingnya, tetapi dia sendiri yang datang berguru padamu. Kami menggunakan jaringan internet, menggunakan televisi satelit, inilah contohnya.

Para makhluk yang berjodoh akan datang melihat siaranmu, sedangkan para makhluk yang belum berjodoh, meskipun tiap hari melihat siaranmu, namun dia masih belum sanggup meyakininya, dia tidak sudi menerimanya, inilah yang disebut tidak berjodoh. Sebaliknya insan yang bersedia menerima dan meyakininya, inilah yang disebut berjodoh.

Maka itu dengan mempergunakan jaringan internet, televisi satelit, guna menyebarluaskan Ajaran Buddha, sehingga dalam waktu singkat dapat mengantar pesan Buddha dan Bodhisattva kepada setiap insani di seluruh penjuru dunia, menjalin jodoh Dharma dengan semua makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


我們往下看,下面念老註子說,「當知此之一件大事,言語道斷,心行處滅。法藏果覺,實非語言之所能宣,亦非眾生生滅心、思量分別之所能及。」這句句話都是真的。如來出世這件大事,就是幫助眾生破迷開悟,沒有別的事情,用的方法是身行言教。身把戒定慧做出來,讓人家能看得出來,他看出來之後,他羨慕、他歡喜,他想跟你學,來跟你請教,你就好好教他,這契機。不是你找著教他,是他自己來跟你學。我們用網路、用電視亦復如是。得有緣人,沒有緣的時候,每天電視、網路在播放,他不肯接收,不肯接收就是沒有緣,肯接收的就是有緣人。所以網路、衛星用它來傳播佛教,輸送佛菩薩的信息,跟你結緣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0九集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0309




 

Apabila anda tidak memiliki etika moral, Buddha takkan melindungimu. Jika anda menjalankan disiplin sila, melatih samadhi (konsentrasi), maka para Buddha akan melindungimu.

Lihatlah di dalam “Jie Jing (Sutra Sila)” tercantum bahwa dari “Lima Sila”, tiap butirnya ada 5 Dewa Pelindung Dharma, bila anda mampu menjalankan lima butir sila secara sempurna, maka ada 25 Dewa Pelindung Dharma yang akan melindungi dirimu siang dan malam, anda takkan bertemu dengan malapetaka.

Jasa kebajikan dari menjalankan disiplin sila adalah sungguh tak terbayangkan! Bahkan setan dan malaikat akan menghormatimu, dengan ikhlas menjadi pendukungmu.

Hendaknya kita dapat mengamalkan Trisarana seperti yang disampaikan oleh Master Huineng di dalam “Sutra Altar”. Master Huineng adalah guru sesepuh ke-6 aliran Dhyana.

Master Huineng ketika menyelenggarakan Upacara Visudhi Trisarana, tidak mengucapkan kalimat “Berlindung pada Buddha, berlindung pada Dharma dan berlindung pada Sangha". Tetapi beliau mengubahnya menjadi “Berlindung pada pencerahan, berlindung pada kebenaran, berlindung pada kesucian”.

Pada era Master Huineng, Ajaran Buddha tersebar ke Tiongkok sudah 7 abad lamanya, jarak waktu antara Master Huineng dengan kita adalah 1300 tahun.

Kurun waktu 7 abad bukanlah waktu yang singkat, generasi demi generasi turun temurun, Ajaran Buddha sudah berubah kadar kemurnian-nya. Kalau tidak berubah kadar kemurnian-nya, maka Sesepuh ke-6 pasti takkan mengubah kalimat “Berlindung pada Buddha, berlindung pada Dharma, berlindung pada Sangha”.

Mengapa dikatakan Ajaran Buddha sudah berubah kadar kemurnian-nya? Sudah lebih menekankan pada ritual dan mengabaikan spiritual.

Makanya mengapa Master Huineng mengemukakan untuk : Berlindung pada pencerahan, Buddha adalah pencerahan; Berlindung pada kebenaran, Dharma adalah kebenaran; Berlindung pada Sangha, Sangha melambangkan kesucian.

Jadi Trisarana yang dikemukakan Master Huineng adalah berlindung pada Tri Ratna yang ada di dalam jiwa sejati, pencerahan dalam jiwa sejati adalah Buddha Ratna; kebenaran dalam jiwa sejati adalah Dharma Ratna; kesucian dalam jiwa sejati adalah Sangha Ratna, inilah makna dari Visudhi Trisarana yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Maret 2011


你要沒有德行,佛不護念你。持戒、修定,諸佛就護念了。你看《戒經》上講的,五戒,每一條戒有五位護戒神,五戒都具足,就有二十五位護戒神日夜護持你,你不會遭遇磨難。持戒的功德不可思議!鬼神尊重你,自願的來護持你。你真正受了三皈,現在三皈是假的,不是真的,真受三皈,要像《壇經》裡六祖所說的。六祖傳授三皈,沒有說皈依佛、皈依法、皈依僧,沒有說這個,他把字換掉,他叫「皈依覺、皈依正、皈依淨」。六祖那個時代,佛法傳到中國七百年了,六祖距離我們一千三百年。七百年時間不短,代代相傳好像有點變質了。如果沒有變質的話,六祖一定是皈依佛、皈依法、皈依僧,一定是這種說法。變質是什麼?流於形式,實質疏忽了。所以他提出來,皈依覺,佛者覺也;皈依法,法者正也;皈依淨,僧是淨,六根清淨,一塵不染。他老人家傳的是教我們皈依自性三寶,自性覺是佛寶,自性正是法寶,自性淨是僧寶,三皈傳授真正的意思在此地。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0九集)  2011/3/1  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0309