Selasa, 07 Januari 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Maret 2011 (Bgn 3)


Dari mana penyakit pikun berasal? Akibat dari akumulasi karma buruk. Niat pikiran kita yang bermunculan sejak kalpa tanpa awal, ucapan dan tindakan kita, tidak ada yang bukan merupakan karma buruk.

Karma itu terdiri dari karma baik dan karma buruk, cobalah kita renungkan, karma yang kita ciptakan lebih banyak karma baik atau karma buruk? Diri sendirilah yang paling jelas dan mengerti.

Apabila niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan adalah bajik, apa standar baik? Memberi manfaat bagi para makhluk. Sebaliknya yang jahat adalah mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, hal ini harus diketahui, mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi menciptakan kepikunan.

Hendaknya setiap niat pikiran yang timbul adalah demi semua makhluk, demi masyarakat, orang begini pahalanya besar, orang ini memiliki kebijaksanaan sejati, dia pasti takkan mengalami kepikunan.

Manusia hidup di dunia ini adalah apa yang ditabur, itulah yang dituai. Pahalamu bukanlah hasil anugerah dari orang lain, tetapi merupakan buah karma baik yang diciptakan diri sendiri.

Demikian pula balasan karma buruk yang anda terima juga merupakan hasil perbuatan sendiri, bukan dilimpahkan orang lain kepada dirimu, Hukum Sebab Akibat takkan meleset sama sekali, hal ini mesti diketahui.

Setelah memahami kebenaran ini, bukan saja tidak berani menciptakan karma buruk, bahkan niat pikiran buruk pun takkan timbul. Kebajikan besar yang terunggul, kebijaksanaan besar yang terunggul adalah mengganti hati menjadi Amituofo (tiap butir niat pikiran yang timbul adalah melafal Amituofo), ini merupakan yang terunggul tiada taranya, buah akibatnya sungguh tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Maret 2011


痴呆從哪裡來的?不善業所累積的果報。我們無始劫來起心動念、言語造作無不是業,這個業有淨有染、有善有惡,我們自己想想,我們造的業是染業還是淨業,是善業還是惡業?自己清楚、明白。如果起心動念、言語造作是善的,善是什麼?利益眾生的;不善是什麼?不善是自私自利的,這個要知道,自私自利造成的就是痴呆。念念為眾生,念念為社會,這個人福報大,這個人有真智慧,他絕對不會有痴呆。人生在世,乃至於生生世世、因因果果的責任完全自己承當,真的自作自受。你的福報不是別人給你,是你自己造的善業,你所受的罪業也是你自己自造的,也不是別人加給你的,業因果報絲毫不爽,這不能不知道。真的了解明白之後,不但不敢造惡業,連惡的念頭都不會想。第一等大善,第一等大智慧,就是把心換成阿彌陀佛,第一當中的第一,果報不可思議。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二七集)  2011/3/16  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0327




 

 Apa yang dimaksud dengan Miao Yin (irama menakjubkan) yang tercantum di bab terakhir di dalam Sutra Usia Tanpa Batas? Irama menakjubkan yang dimaksud adalah sepatah “Namo Amituofo”.

Nama Buddha Amitabha memenuhi seluruh semesta alam, insan yang mendengarnya sungguh berberkah, begitu melintasi indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih di gudang kesadaran.

Setelah mendengar suara lafalan Amituofo, dia telah berjodoh dengan Buddha Amitabha, meskipun pada satu masa kehidupan ini jodoh ini belum masak, masih harus melanjutkan berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, tetapi dia telah menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha.

Pada masa-masa kelahiran yang akan datang, ketika jodoh ini masak, benih yang tertanam tersebut akan efektif, pasti sempurna akan keyakinan, tekad dan pengamalan; sempurna akan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh, dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu dalam berinteraksi dengan orang lain dan menangani persoalan, mesti meneladani Buddha Amitabha, memiliki hati yang lapang.

Melihat orang lain yang masih hobi mengoleksi karma buruk, janganlah menyalahkannya, ketika berhadapan tetap saja memperlakukannya dengan penuh sukacita, juga tidak perlu menasehatinya panjang lebar, mengapa demikian?

Rintangan karmanya terlampau berat, dia tidak berdaya kembali ke jalan yang benar, jadi biarkan sajalah. Menanti hingga suatu hari ketika rintangan karmanya sudah terhapus, barulah kebijaksanaannya akan muncul ke permukaan, saat itu barulah anda boleh menasehatinya.

Selama rintangan karma dan tabiatnya belum terhapus, anda pergi menasehatinya, dia takkan sudi menerimanya, makanya lebih baik menjalin jodoh baik dan tidak berseteru dengannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Maret 2011


淨土的妙聲是什麼?我們《無量壽經》最後一品講的「妙音」,就是淨土的妙聲,「南無阿彌陀佛」這一句名號。這一句名號遍法界虛空界,聽到的人有福了,一歷耳根永為道種。他聽了這一聲,他跟阿彌陀佛就有緣,雖然這一生這個緣不成熟,還要搞六道輪迴,但是他跟阿彌陀佛有緣,有了關係。那我們就曉得,來生後世因緣成熟,這個種子就起作用,肯定具足信願行,具足善根福德因緣,他就往生去了。所以我們在應對人事方面,一定要學阿彌陀佛,寬宏大量。念佛的人還造作種種罪業,不要去責備他,跟他往來歡歡喜喜,也不必勸他,為什麼?業障重他回不了頭,隨他去。等到他業障消掉之後,他智慧現前,那個時候可以勸導他;業障習氣沒有消不能勸,他不能接受,不能接受,跟他做朋友,絕不得罪他。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三二七集)  2011/3/16  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0327